Thursday, September 19, 2019

3 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Luka Diabetes

mempercepat penyembuhan luka diabetes

Orang yang memiliki riwayat diabetes umumnya tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin secara normal. Untuk itu banyak dari penderita ini cenderung lebih sulit dalam mengontrol gula darah. Keadaan ini juga yang kemudian mengharuskan mereka untuk waspada terhadap sejumlah masalah kesehatan, dan harus berusaha untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes agar tidak parah.

Apa Yang Menyebabkan Luka Diabetes Sukar Sembuh?

1. Kadar gula darah tinggi
Glukosa atau gula darah umumnya bukan sekedar angka yang menjadi patokan ketika periksa kesehatan. Namun glukosa ini juga berperan penting dalam tingkat energi tubuh, memenuhi kebutuhan medis, dan juga menyembuhkan luka. Adapun jumlah glukosa yang melebihi normal akan membuat pembuluh darah menjadi kaku sehingga tidak dapat mengalirkan darah dengan lancar.

Ketika darah dalam tubuh sulit untuk mengalir, maka nutrisi atau oksigen yang diangkut bersama darah akan terhambat dan sulit mencapai sel-sel tubuh. Maka dari itu, tubuh penderita akan lebih sulit untuk menyembuhkan luka. Sementara itu, kekurangan oksigen dalam jangka yang panjang juga dapat menyebabkan sel tubuh menjadi mati, yang akhirnya berakhir pada nekrosis dan amputasi.

2. Penyakit saraf (neuropati)
Banyak dari penderita diabetes umumnya sulit mengetahui adanya luka pada tubuh, terutama pada kaki. Jadi ketika mereka sadar, maka luka yang tadinya mungkin hanya tergores tiba-tiba sudah terlalu parah atau menjadi borok. Umumnya hal ini disebabkan oleh kerusakan saraf (neuropati) akibat kadar glukosa yang tinggi, sehingga penderita akan merasakan kesemutan atau mati rasa.

3. Fungsi kekebalan tubuh yang berkurang
Sistem kekebalan umumnya bertanggung jawab untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian tubuh penderita akan lebih mudah dalam menyembuhkan luka atau infeksi. Namun lain halnya dengan penderita diabetes, karena tubuh mereka menjadi kurang efektif dalam melawan penyakit. Sehingga tubuh penderita butuh waktu yang lama untuk sembuh, bahkan pada luka kecil.

Untuk itu, penderita diabetes harus selalu menjaga tubuhnya tetap sehat. Penderita diabetes harus menghindari beberapa infeksi ringan seperti flu atau batuk. Karena flu dapat menyebabkan tubuh menjadi stres sehingga memungkinkan kadar gula darah naik dan menyebabkan komplikasi kesehatan yang lain. Penderita juga harus mendapat istirahat cukup sebagai obat flu paling ampuh.

Related Posts

3 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Luka Diabetes
4/ 5
Oleh